About

Senin, 23 Februari 2015

KONSEP PENDIDIKAN YANG IDEAL DI INDONESIA MENURUT AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH

Banyak bukti yang menunjukkan masih rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Dari segi fasilitas, tercatat masih ratusan ribu sekolah rusak di seluruh penjuru Nusantara. Dari segi sistem, pemerintah masih bingung dan tidak konsisten terhadap kurikulum yang ideal untuk diterapkan. Rendahnya mutu guru di Tanah Air dan persebarannya yang tidak merata juga menjadi hal yang sangat ironis, padahal Indonesia berada di peringkat ketiga dalam hal pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia. (Nurfuadah, 2013).

Permasalahan pendidikan lainnya dari segi pendanaan, anggaran memang terus ditingkatkan dari tahun ke tahun namun perlu ada pengawasan, agar dana digunakan tepat sasaran. Pendanaan dari pemerintah untuk sekolah atau istilahnya sekarang BOS (Biaya Operasional Sekolah) memang cukup membantu, namun perlu dicermati dalam hal distribusi serta sasaran pendanaan tersebut. Di wilayah tertentu siswa (baik kaya atau miskin) terbebas dari biaya SPP dari SD hingga SMA, namun di wilayah-wilayah lain hal ini belum terlaksana. Jika masalah ini disepelekan maka akan banyak fenomena guru merangkap jadi tukang ojek. Masalah pendanaan juga akan berimbas pada ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang layak (Fauqy, 2013)
Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar